Tentang NYIA

National Young Inventors Award

National Young Inventors Award (NYIA) adalah ajang kompetisi bagi remaja dalam melakukan inovasi dan invensi di bidang teknologi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, memberikan apresiasi dan menggali potensi remaja di bidang inovasi teknologi. Lomba tingkat nasional ini juga sebagai ajang untuk menjaring inventor remaja berpartisipasi pada kompetisi tingkat regional maupun internasional.
Peserta NYIA adalah Anak-anak dan Remaja usia 8 sampai dengan 18 tahun setingkat siswa SD, SMP, dan SMA. Mereka adalah remaja yang potensial untuk dikembangkan dan dapat menjadi potent brand ambassador atau young talent terkait dengan remaja dan inovasi. Pendaftaran NYIA ke-12 Tahun 2019 telah dibuka pada tanggal 21 Februari 2019. Detail pengumuman akan disampaikan secara online pada akun media social @kompetisilipi dan pada website kompetisi.lipi.go.id.
Finalis yang terpilih akan diundang ke Serpong untuk mengikuti pameran dan penilaian oleh Dewan Juri. Pengumuman finalis dapat dilihat melalui website infokompetisi.lipi.go.id pada tanggal 30 Agustus 2019.

Siapkan karya invensimu dan ikuti NYIA LIPI tahun ini

Berikut adalah pilihan kategori karya dalam National Young Inventors Award Ke-12 Tahun 2019

Manajemen Bencana

Invensi yang tergolong dalam kategori ini adalah invensi yang berguna untuk mendeteksi dan/atau mencegah terjadinya bencana alam, juga berguna dalam penanganan pasca bencana. (teknologi, produk, sistem dll).

Edukasi dan Rekreasi

Invensi yang tergolong dalam kategori ini adalah invensi yang dapat digunakan dalam pengajaran ataupun dunia pendidikan, ataupun invensi dengan tujuan edukasi dan rekreasi (media olahraga, hiburan dll).

Pangan dan Pertanian

Invensi yang termasuk kategori ini adalah invensi yang meningkatkan kualitas dunia pangan, memberikan solusi atas permasalahan – permasalahan pertanian dan dunia pangan saat ini. (Invensi dilarang menggunakan makhluk hidup baik dalam eksperimen maupun penggunaannya).

Teknologi Ramah Lingkungan

Invensi yang termasuk dalam kategori ini adalah invensi yang mendorong pelestarian alam, upaya pengurangan polusi, peningkatan efisiensi energi dan teknologi lain yang ramah lingkungan.

Keamanan, Keselamatan dan Kesehatan

Invensi yang termasuk dalam kategori ini adalah invensi yang mendorong peningkatan kualitas keamanan dan keselamatan, juga invensi yang berkontribusi positif dalam dunia medis (berupa alat, sistem maupun praktik medis).

Teknologi bagi Penyandang Disabilitas dan Kebutuhan Khusus

Invensi yang termasuk dalam kategori ini adalah inovasi yang membantu kalangan disabilitas, usia lanjut, ibu hamil dan anak-anak.

Teknologi Informasi dan Komputasi

Invensi yang termasuk dalam kategorii ini adalah inovasi yang menggunakan program – program komputer sebagai basisnya, seperti perangkat Mikrokontroler, Alat – alat yang menggunakan prinsip IoT atau alat bantu lain yang dapat dikategorikan dalam komputasi.

Invensi
Tahun 2011
Invensi
Tahun 2012
Invensi
Tahun 2013
Invensi
Tahun 2014
Invensi
Tahun 2015
Invensi
Tahun 2016

Syarat dan Ketentuan

Bentuk Kegiatan
Adapun bentuk kegiatan NYIA adalah sebagai berikut:
  1. Pameran Inovasi
    Finalis yang terpilih wajib mengikuti rangkaian kegiatan pameran yang akan berlangsung di Jakarta. Pameran akan berlangsung di hadapan para pengunjung dan dewan juri (format poster dan ketentuan prototype akan disampaikan kemudian)
  2. Penjurian Oleh Pakar LIPI
    Selama Pameran para peserta memajang karya dan prototype dan menjelaskan detail karya kepada Dewan Juri
  3. Youth Inventors Awards Ceremony
    Malam penghargaan NYIA akan dihadiri oleh media massa, invited guest di bidang pendidikan dan remaja
Kiteria Peserta
  1. Usia 8-18 tahun dan/atau setingkat SD, SMP, SMK, dan SMA sederajat
  2. Perorangan atau kelompok maksimal 2 (dua) orang
  3. Belum pernah menjadi pemenang NYIA atau lomba invensi sejenis tingkat nasional lainnya dalam kurun waktu 2 (dua) tahun
  4. Uraian desain alat peraga dikirimkan secara elektronik melalui halaman registrasi
  5. Uraian desain alat peraga harus mengikuti template berisi latar belakang pemikiran pembuatan desain dilengkapi foto dengan konsep tertulis dan informasi spesifikasi teknis tentang bahan yang dipakai, ukuran, cara pemakaian, dan fungsi alat yang dapat diunduh di halaman download
  6. Uraian desain alat peraga diterima panitia selambat-lambatnya tanggal 1 Agustus 2019
  7. Karya belum pernah diikutsertakan dalam lomba yang sejenis tingkat nasional lainnya. Panitia akan melakukan diskualifikasi jika terbukti karya telah dilombakan pada kompetisi sejenis tingkat nasional lainnya
  8. Melampirkan riwayat hidup dalam satu lembar yang berisi: nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, sekolah/instansi, nomo telepon/HP, dan email serta diketahui oleh orangtua atau wali
  9. Finalis akan diundang ke Serpong untuk mengikuti pameran pada tanggal 25 – 29 Oktober 2019
  10. Bagi finalis kelompok, panitia menanggung akomodasi dan transportasi Peneliti Utama (berada di urutan pertama)
  11. Pengumuman finalis dapat dilihat melalui situs kompetisi.lipi.go.id pada tanggal 30 Agustus 2019
  12. Panitia berhak menyebarluaskan/mensosialisasikan alat peraga yang diperlombakan melalui berbagai media
  13. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat
  14. Panitia akan membatalkan status keikutsertaan peserta jika terbukti melanggar kriteria di atas
Alur Pelaksanaan
  1. Pendaftaran

    Peserta mendaftar melalui halaman registrasi. Dalam pendaftaran tersebut yang perlu disiapkan oleh peserta adalah data peserta, daftar riwayat hidup dan uraian desain alat peraga (Template daftar riwayat hidup dan uraian alat peraga dapat diunduh pada menu “Download”). Kontak dan email peserta yang dicantumkan adalah milik pribadi dan bukan kontak sekolah/instansi
  2. Verifikasi Administrasi

    Tahap pertama setelah pendaftaran ditutup adalah verifikasi yang dilakukan panitia atas entry data yang dilakukan pendaftar. Dalam hal ini panitia memastikan bahwa semua persyaratan telah dilengkapi oleh pendaftar dengan benar
  3. Penjurian Urian Desain Peraga

    Tahap selanjutnya adalah penjurian uraian desain peraga oleh dewan juri. Setelah penjurian dilaksanakan, akan diambil 30 karya terbaik yang berhak melakukan pameran pada Final Kompetisi Ilmiah LIPI Tahun 2019. Rangkaian acara final ini akan diselenggarakan di Serpong.
  4. Pameran dan On-site Presentation

    Pada tahap final, panitia menyediakan booth untuk digunakan sebagai ajang pameran bagi tiap Finalis. Dewan Juri akan berkeliling dan melakukan penilaian secara langsung atas alat yang dilombakan. Peserta juga wajib melayani setiap pengunjung yang bertanya seputar alat temuan finalis. Pada Final ini panitia menanggung akomodasi untuk 1 orang dari masing – masing tim finalis
Kriteria Invensi
  1. Invensi bukan merupakan karya seni murni seperti puisi, lagu, lukisan, patung
  2. Invensi tidak melibatkan makhluk hidup (hewan) dalam eksperimennya
  3. Invensi tidak membahayakan lingkungan sekitar, tidak meledak, tidak menimbulkan karat, racun dan tidak melibatkan material – material yang tergolong material terlarang di dalamnya
Siapkan proposalmu dan ikuti Kompetisi Ilmiah LIPI Tahun 2019.
Daftar Sekarang